#Label1 .widget-content{ height:200px; width:auto; overflow:auto; }

Friday 25 July 2014

5 Keunikan dan Kelebihan Keledai

Keledai, hewan yang juga masih keluarga kuda ini sudah menemani manusia sejak 5000 tahun lalu. Nenek moyang dari keledai yaitu keledai liar di Afrika atau keledai e. Africanus. Bahkan keledai saat itu sudah memperlihatkan kehebatan tubuhnya, dengan menjadi hewan pekerja.Keledai menjadi alat transportasi yang dikhususkan membawa barang, sementara orang-orang pemilik barang akan menunggangi kuda. 

Berikut adalah lima keunikan keledai: 

1. Postur yang Unik 

Badan keledai lebih kecil dari kuda, telinganya berdiri tegak, berbulu sedikit lebih lebat dan larinya tentu saja tidak lebih cepat. Tapi walaupun lebih kecil dari kuda, kekuatannya lebih besar dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat juga. 

Keledai memiliki susu yang berkualitas, bahkan kandungan protein dalam susu keledai dua kali lipat lebih baik dari sapi. Susu keledai juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan makanan lain seperti keju. Di beberapa negara Eropa Barat, susu keledai dijadikan masker untuk membersihkan dan melembutkan kulit. 

Keunikan keledai lainnya yaitu pada bagian matanya. Seluruh keledai baik itu betina atau jantan bisa melihat infra merah. Bahkan konon menurut kepercayaan orang-orang dulu, terutama di pedalaman Afrika, keledai bisa melihat kedatangan jin jahat atau hantu. 



2. Kenapa Keledai Dicap Bodoh 

Dalam diskusi berjudul “Stubborn Donkey or Smart Ass?” Seorang pakar keledai dari Donkey Sanctuary, Ben Hart menjelaskan alasan mengapa keledai dianggap bodoh. Salah satunya yaitu karena orang-orang selalu membandingkan keledai dengan kuda. Padahal seharusnya dilihat sebagai jenis spesies yang berbeda. Selain itu, pemikiran orang-orang sudah terpaku pada literasi dua orang penulis zaman Yunani Kuno, Homer dan Aesop, yang menuliskan keledai adalah hewan bodoh dan keras kepala. 

3. Hasil Persilangan Keledai dengan Kuda 

Untuk perkawinan silang antara keledai dengan kuda memiliki beberapa istilah khusus, seperti jika hasil perkawinan antara keledai betina dengan kuda jantan akan disebut hinny. Bahkan untuk jenis hinny, biasanya hanya dijadikan hewan peliharaan karena jinak. 

Sedangkan hasil kawin silang antara keledai jantan dengan kuda betina disebut bagal. Berbeda dengan hinny, bagal biasanya digunakan sebagai transportasi manusia atau benda. Bagal memiliki fisik lebih kuat. Walaupun dari segi ukuran tidak jauh berbeda dengan hinny. Sementara hasil keledai jantan dengan zebra betina disebut zebroids. 

4. Sarana Bom Bunuh Diri dan Dilengkapi Wifi di Israel 

Ternyata keledai tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi pengangkut barang, atau manusia, tapi juga keledai pernah digunakan secara ekstrem yaitu untuk sarana bom bunuh diri dalam peperangan. Seperti saat terjadi peperangan di Timur Tengah, ketika Amerika Serikat menginvasi Irak untuk pertama kalinya tahun 1980-an, tentara Irak pernah menyimpan bom yang dilepas untuk menghancurkan kamp Amerika. 

Namun baru-baru ini di Israel, pemanfaatan keledai lebih positif yaitu untuk keperluan pariwisata, tepatnya di Taman Wisata Yerusalem. Wisatawan yang melakukan wisata religi di kawasan Yerusalem akan menunggangi keledai. Dan yang lebih unik keledai tersebut sudah dilengkapi perangkat Wifi, sehingga wisatawan tetap bisa bermain internet sepuasnya. 

5. Keju Termahal Terbuat dari Susu Keledai 

Dalam tubuh keledai ternyata ada yang memiliki manfaat ekonomis cukup tinggi yaitu susunya yang telah diolah mejadi keju. Di Zasavica, sebuah kawasan di Serbia, telah diproduksi dan dikembangkan keju yang berasal dari susu keledai yang cukup baik. Hingga keju tersebut dijual dengan harga cukup mahal mencapai 1000 euro atau sekitar 12 juta rupiah per kilogramnya. 

Yang membuat harga keju tersebut menjadi mahal karena satu keledai betina hanya bisa menghasilkan dua desiliter susu per hari. Sedangkan untuk membuat keju dibutuhkan 25 liter susu. 

No comments :

Post a Comment